Senin, 26 Maret 2012

Spirulina Sebagai Sumber Pigmen yang Istimewa


Para ahli sering memberikan nasehat kepada kita bahwa kita perlu makan buah-buahan dan sayur-sayurankarena banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral serta pigmen yang sehat. Spirulina sebagai super green food juga mengandung pigmen yang sehat antara lain:

Klorofil
Pigmen hijau yang terdapat pada Spirulina jauh lebih besar daripada tumbuhan hijau lainnya. Klorofil melepaskan ion ketika terkena cahaya matahari. Hal ini meningkatkan gerakan peristaltik dan mengatasi konstipasi, dan menormalkan sekresi asam pencernaan. Selama Perang Dunia ke-II, klorofil mempercepat pengeringan luka dan kualitas antiseptiknya sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) untuk mencegah luka bernanah. Sebagai tambahan, Klorofil meredakan bengkak dan mempercepat granulasi, yaitu proses meregenerasi jaringan baru pada luka.

Fikosianin
Fikosianin adalah yang pigmen yang memberikan warna biru pada spirulina. Ia berhubungan dengan pigmen bilirubin manusia, yang mana sangat penting untuk kesehatan fungsi hati dan pencernaan asam amino.

Porphyrin
Porphyrin penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat.

Karotenoid
Spirulina merupakan sumber karotenoid (pigmen merah-orange) yang baik yang merupakan antioksidan dan terkenal dengan zat anti kanker. Spirulina mengandung 4,000 mg/kg karotenoid dalam bentuk alpha-carotene, beta-carotene, xantophylls dan zeaxanthin.

1 komentar:

silakan di sharing,,,