Jumat, 13 April 2012

Spirulina, Suplemen Wajib Bagi Vegetarian

Banyak hal yang menjadi penghambat dalam melakukan diet. Hambatan utama bagi vegetarian adalah kekhawatiran akan kekurangan vitamin B12, karena vitamin B12 hanya ditemukan dalam produk hewan (ikan, sarden, kerang, minyak ikan, hati, daging sapi, telur). Bila tubuh kekurangan vitamin B12 maka akan mengalami anemia Pernisiosa.

Anemia Pernisiosa merupakan jenis anemia ganas dan dapat menyebabkan gagalnya sumsum tulang menghasilkan sel darah merah yang matang dan produksinya pun semakin menurun. Gejala Anemia Pernsiosa ditandai dengan badan yang lemas, gangguan pada pencernaan yang berakibat sakit dan luka pada lidah, kulit agak menguning, tangan atau kaki kesemutan, gatal-gatal pada jari tangan dan kaki, kehilangan nafsu makan bahkan mengalami diare. Selain itu gangguan pada sistem syaraf juga ditandai dengan hilangnya koordinasi jari-jari tangan dan gangguan pada kaki hingga telapak kaki.

Kandungan Vitamin B12 dalam Spirulina 100 gram setara dengan 20 potong sedang ikan tuna, dan juga setara dengan 42 potong sedang daging sapi.

Oleh karena itu, bagi para vegetarian yang ingin menjaga kesehatan tubuh mereka sangat dianjurkan mengonsumsi spirulina agar kebutuhan vitamin B12 pada tubuh mereka tercukupi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan di sharing,,,